News

Erick Thohir Tegaskan Acara Misa Paus Fransiskus Tak Akan Rusak Rumput SUGBK

04 Sep 2024 by Author
photo

Erick Thohir Tegaskan Acara Misa Paus Fransiskus Tak Akan Rusak Rumput SUGBK. (Foto: PSSI)

Jakarta - 3 September 2024 - Tak sedikit yang mengkhawatirkan kondisi rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) akan mengalami kerusakan saat acara Misa yang akan dihadiri Paus Fransiskus pada Rabu, 4 September 2024 besok.

Maklum, enam hari kemudian, 10 September 2024, akan digelar pertandingan kedua Grup C di ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026  Zona Asia antara Timnas Indonesia melawan Timnas Australia di SUGBK.

Untuk menepis kekhawatiran tersebut, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyatakan bahwa acara Misa tersebut tak akan mengganggu sepak bola.

Dalam hal ini agenda pertandingan fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Timnas Indonesia pada 10 September nanti tak akan terganggu. Ia meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa kualitas rumput akan tetap terjaga.

Awalnya, demi mengakomodir kegiatan Paus di GBK, PSSI bersiap menggelar laga kandang melawan Australia di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Namun akhirnya dibatalkan.

Pasalnya PSSI mendapat informasi bahwa acara Paus di GBK tak akan merusak rumput. Semua pihak, termasuk Keuskupan Indonesia, tak ingin acara sepak bola terganggu.

"Kedatangan Paus ini sebagai sesuatu yang baik. Mereka ada Misa dan lain-lain. Mereka tidak mau mengganggu jalannya sepak bola Indonesia. Karena itu saya juga sampaikan waktu itu bagaimana Glora Bung Karno harus mendandani dirinya,” jelas Erick di Pegadaian Tower, Selasa 3 September 2024.

Dari komunikasi PSSI dengan pengelola GBK (PPKGBK) tak ada kendala dengan rumput. Perawatan terus dilakukan, meski sedang ada persiapan acara Misa. Erick memastikan, ia akan meninjau langsung kondisi GBK pada 7 September. Menteri BUMN ini ingin memastikan kondisi GBK tak ada kendala untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Nanti saya dan Pak Sekjen akan cek ke lapangan, mungkin tanggal 7 atau 8 untuk memastikan kualitasnya baik," ucap mantan Presiden Inter Milan tersebut.

Scroll to Top